PEMETAAN KONTUR DAN PEMODELAN SPASIAL TIGA DIMENSI DENGAN SURFER

4 04 2010

Oleh : NANANG SETIAWAN

Surver merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat peta kontur dan pemodelan 3 dimensi. Perangkat lunak surver melakukan plotting data tabular X Y Z tidak beraturan menjadi lembar titik-titik segi empat (grid) yang beraturan. Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horizontal yang dalam Surver berbentuk segi empat yang menjadi dasar pembentuk kontur dan surface 3 dimensi. Pada titik perpotongan grid disimpan nilai Z berupa titik ketinggian atau kedalaman. Gridding merupakan proses pembentukan rangkaian nilai Z yang teratur dari sebuah data Z Y Z. Hasil dari proses gridding adalah file grid yang teratur tersimpan pada file .grd.

Editing peta kontur dimaksudkan untuk mendapatkan bentuk peta kontur yang sesuai dengan syarat-syarat pemetaan tertentu ataupun sesuai keinginan pembuat peta. Beberapa hal yang berkaitan dengan hal ini adalah penetapan nilai kontur interval (Interval Contour), Labelling garis indeks, kerapatan label, pengubahan warna garis indeks, pengaturan blok warna kelas ketinggian, dan lain-lain. Gambar di atas merupakan contoh penggunaan kontur interval, secara umum, pengaturan komtur interval mengikuti aturan sebagai berikut :

Kontur Interval = 1/2000 X Skala Peta Dasar

Jadi jika menggunakan dasar dengan skala 1:50.000 maka seharusnya kontur interval peta adalah 25 meter. Beda tinggi antargaris kontur tersebut terpaut 25 meter. Seandainya peta dasar tersebut diperbesar menjadi skala 1:25.000, maka kontur intervalnya pun juga harus diubah menjadi 12,5 meter.

Pembuatan peta kontur ataupun model tiga dimensi dengan Surver diawali pembuatan data tabular X Y Z. Dapat juga menggunakan data DEM (Digital Elevation Models) sebagai pengganti data X Y Z. Data X Y Z selanjutnya diinterpolasikan dalam sebuah file grid. Proses kedua ini sering disebut grid-ding yang menghasilkan sebuah file grid untuk digunakan sebagai dasar pembuatan peta kontur dan model 3 dimensi.

Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat bagi pembaca. Wassalammu’alaikum.

About these ads

Aksi

Information

8 responses

18 06 2010
Nento Luki

Saya baru belajar surfer 8. Mau tanya nih. Ssesudah titik patok ukur dan contour di overlay, penggaris pinggir tinggal satu. Tapi garis contour dan angkanya ada beberapa yang meleset. Misalnya titik ukur angka 80.77 dilewati garis elavasi 84 jauh amat ya. Tingkat smooth sudah diatur high.

apakah komputer tidak mendukung (ram 2GB). Terpaksa diperbaiki di Autocad lagi. Ada yang bisa membantu?

trimakasih

19 06 2010
nanangs24

Ram 2 GB sudah mendukung…. Saya malah cuma pakai 1 GB. Coba kamu atur Ci-nya lebih kecil lagi.

11 07 2010
endang

kontur yg dihasilkan suffer dalam format luasan (Xmin,Ymin), (Xmax, Ymax). tidak sesuai dengan bentuk riil luasan lokasi terukur. Sy mau tanya nih perhitungan Cut n Fill yg dihasilkan apakah cakupan sesuai dengan bentuk lokasi hasil pengukuran atau cakupan muka gambar.

18 10 2010
Asep Naililfachri

Salam Kenal!
Saya mau mengukur lahan buat bibitan dengan alat Theodolit. Data yang saya harapkan hasilnya berupa Tabulasi X.Y,Z. Selanjutnya mau saya buat peta konturnya dengan Surfer seperti disarankan dari tulisan pak nanangs24 atau pak Nento Luki. Saya lupa lagi caranya dan tahapannya. Kalau kedua Bpk ini atau siapa saja sedia ngasih tahu yg saya inginkan, saya ucapkan Jazakallohu khairan katsira!

6 02 2011
Fauzi

Mau tanya nih

maksud dari Stack peta apa ya????

25 04 2011
mahapatih

mas, bs minta tutorial dlm bentuk pdf

5 12 2011
tarbiyahcomunity

mas…. mau tanya beli peta kontur jawatengah dalam bentuk arcview ato map info dimana ya … mohon infonya di No. 081227275157

terima kasih mas

8 01 2012
nanangs24

Beli saja di BAKOSURTANAL.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: