CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP YANG BENAR

4 11 2009

INILAH.COM, Jakarta – Seringkali pengguna laptop mengeluhkan kinerja baterai komputer jinjing mereka cepat ngedrop meski hanya sebentar dipakai.
Masalah itu kerap timbul jika si pengguna tidak memperhatikan cara merawat pembangkit daya itu dengan baik dan benar.
Berikut ini cara merawat baterai laptop yang benar agar kinerja komputer lipat ini tetap cespleng:
1. Saat mulai mengisi baterai, jangan gunakan baterai sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan baterai baru yang akan diisi pertama kali, baterai itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel baterai itu harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya baterai notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk baterai yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beerapa bulan.
2. Jika Anda menggunakan beterai Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan baterai Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (pekan/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator baterai menunjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi baterai sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.
3. Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan baterai dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan baterai ini, misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.
Selain itu, berikut ini cara merawat notebook secara umum.
Notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu ekstrem (misalnya terlalu panas atau terlalu dingin) bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak notebook. Karena itu, jangan meninggalkan notebook Anda dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan dalam mobil bisa merusak komponen-komponen dalam notebook.
Selain itu, untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan aneka perangkat yang mengandung atau menghasilkan medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook Anda, Perangkat-perangkat penghasil medan magnet ini misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook Anda.
Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pertimbangan untuk tidak mematikan notebook saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Jika lampu masih berkedip-kedip semacam ini, artinya harddisk Anda sedang melakukan aktivitas.
Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat notebook dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan apda kinerja harddisk. Pastikan bahwa lampu indikator harddisk telah mati dan harddisk Anda telah berhenti beraktivitas sebelum Anda mematikan notebook. Dan jika Anda hendak memindahkan atau memasukkan notebook ke dalam tas, pastikan bahwa notebook Anda sudah dimatikan.
Jika dirawat dengan seksama, kinerja notebook bisa tetap tinggi setelah bertahun-tahun. Ingatlah bahwa jika notebook kita tetap berjalan sempuna setelah sekian lama, kita sendirilah yang akan merasakan manfaatnya.
Taken from: _http://www.inilah.com/berita/teknologi/2008/10/09/53863/bagaimana-merawat-baterai-laptop/


Aksi

Information

21 responses

17 06 2010
echa

mas….mau tanya…ku kan punya NB tp kok pertama di pke sering lowbat…pa memang gitu ya?cara biar gag sering lowbat gmna ya?

17 06 2010
nanangs24

Kalo NB kamu baru biasanya baterai tahan antara 1,5-2 jam rata-rata tanpa charging. Itu kalau baterainya normal…

13 04 2011
sity

mas mw nny ne,
aq bru beli NB,tuz aq ngisi bterai na wkt dmatikn.
tp aq klupaan,udh 6jam aq ngecasna.
ga pa2 t mas?

15 04 2011
nanangs24

Tidak apa-apa.

27 04 2011
Ryan fajar

jika laptop di cash dalam keadaan mati n bateray kosong apakah tidak apa2…??? tolon di baless yya makasih..

27 04 2011
nanangs24

Laptop mati sambil dicash tidak apa-apa. Tapi kalau baterai sudah penuh dan laptop mati, sebaiknya jangan dicash.

3 05 2011
tantan karisma

permisi mw nanya, kata temen kalo makeg laptop d rumah sebaiknya gak usah pakai baterai jd langsung colok ajh, itu bisa mempengaruhi baterai atau laptop nya ngga??

8 05 2011
nanangs24

Tidak apa-apa. Baterai dilepas tidak masalah.

12 05 2011
zizi lia

mf mas klo matikan lampu pd laptop gmn ya caranya??

27 05 2011
nanangs24

Lampu pada fungsi apa ? Laptopnya apa ?

20 07 2011
makki

mav mas jika batre habiz saat di mainkan, n belon di shutdown,,apakah bisa berpengaruh sistem windows???

19 08 2011
nanangs24

Tidak. Tetapi Aplikasi yang sedang dalam proses mungkin tidak save secara otomatis.

21 08 2011
Mas Rudy

Mas, kalau kita mau menyimpan battery laptop (battery tidak dipakai karena laptop langsung terhubung ke stopkontak rumah), seharus nya battery disimpan dalam kondisi “full charge” atau kosong? Terima kasih

26 08 2011
nanangs24

Boleh dua-duanya. Tapi lebih baik dalam keadaan isi.

8 09 2011
andhi

mas katanya bila laptop sdang di isi boleh d gunakan tapi baterai d cpot.
itu bener g sih

9 09 2011
nanangs24

Sepengalaman saya, dichas sambil digunakan tidak masalah.

7 11 2011
Wito Thook

pusing aq mas nyari artikel yg benar merawat batray,,,yg bener yg mana si

23 02 2012
ardy

Ms mau tanya, klau ngcas lptop enaknya batu dlepas ap lgsung dcolokkan,.???
bales.

20 09 2012
Hisbi Zahabuddin

Ass, mas .
mau tanya nih, kalau kita ngisi baterai laptop waktu lampu padam . tapi kita pakai “genset” . apakah boleh, mas ? nggak merusak baterai nya, mas ?

#Tolong di balas . trmksh,đŸ™‚

11 12 2012
blackxeont

Gpp..

Yang penting Happy….

Tpi klo bleh Genset nya di chas sampai full…

11 12 2012
blackxeont

Gpp…

Yang penting Happy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: