ADVENTURES

Puncak Raung

Puncak Raung

Pengalaman berpetualang di Raung memang sangat mengasyikkan. SubkhanaAllah sangat indah.

Petualangan di Merbabu

Petualangan di Merbabu

Hiking di Merbabu sendiri……hiiiiiii, sepi…… Tapi suasananya bikin banyak inspirasi terlintas…. Keren…

PUNCAK MERAPI

PUNCAK MERAPI

PELANGI DI PUNCAK ARJUNA

PELANGI DI PUNCAK ARJUNA

GUNUNG LAWU

GUNUNG LAWU

Puncak Lawu…….memang indah.

Puncak Lawu

Puncak Lawu

new waterfall

new waterfall

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

 

Wahhhh……..akhirnya nyampai juga di Pantai Teleng Ria Pacitan. Meski bukan yang pertama kali kesana….tapi tetap asyik……………………..

PANTAI TELENG RIA

PANTAI TELENG RIA

MAHAMERU : “Sebuah Legenda Tersisa – Puncak Abadi Para Dewa”

Gunung Mahameru merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Mahameru mempunyai ketinggian setinggi 3,676 meter.
Gunung Mahameru merupakan gunung yang tertinggi di pulau Jawa dan gunung berapi yang kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.676m dari permukaan laut dan merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif.
Gunung Mahameru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Mahameru juga dikenal dengan nama Gunung Semeru. Namun sebenarnya masih ada gunung lain yang bernama Gunung Semeru, yang berada di timur pulau jawa didekat gunung Argopuro. Mahameru merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa dan gunung berapi yang kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3676m dpl dan merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif. Setiap lebih kurang 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam dan pasir.
Posisi gunung ini terletak diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT.
Dilihat dari kejauhan Mahameru menunjukan bentuk kerucut yang sempurna, tetapi saat berada dipuncak gunung tersebut berbentuk kubah yang luas dengan medan beralun disetiap tebingnya. Kawah Jongring Saloka, demikian nama kawahnya ini pada tahun 1913 dan tahun 1946 diisi suatu kubah kawah. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava kebagian selatan daerah Pasirian, Candiputro dan Lumajang.
Gunung Mahameru adalah bagian termuda dari pegunungan Jambangan tetapi telah berkembang menjadi strato-vulkano luas yang terpisah. Aktivitas material vulkanik yang dikeluarkan meliputi: – Letusan abu, lava blok tua dan bom lava muda – Material lahar vulkanik bercampur dengan air hujan atau air sungai. – Letusan bagian kerucut yang menyebabkan longsoran. – Pertunbuhan lamban/beransur dari butiran lava dan beberapa kali guguran lahar panas.
Seperti pada umumnya ditempat tinggi lainnya, daerah sepanjang rute perjalanan dari mulai Ranupane (2.200m dpl) sampai puncak Mahameru mempunyai suhu relatif dingin. Suhu rata-rata berkisar antara 3°c – 8°c pada malam dan dini hari, sedangkan pada siang hari berkisar antara 15°c – 21°c. Kadang-kadang pada beberapa daerah terjadi hujan salju kecil yang terjadi pada saat perubahan musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Suhu yang dingin disepanjang rute perjalanan ini bukan semata-mata disebabkan oleh udara diam tetapi didukung oleh kencangnya angin yang berhembus ke daerah ini menyebabkan udara semakin dingin.
Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah CLIGNET (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren, selanjutnya Junhuhn (1945) seorang ahli botani berkebangsaan Belanda dari utara lewat gunung Ayet-ayek, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo. Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan setelah 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo seperti sekarang ini.
taken from Wikipedia Indonesia.


Mendaki melintas bukit
Berjalan letih menahan menahan berat beban
Bertahan didalam dingin
Berselimut kabut Ranu Kumbolo…

Menatap jalan setapak
Bertanya – tanya sampai kapankah berakhir
Mereguk nikmat coklat susu
Menjalin persahabatan dalam hangatnya tenda
Bersama sahabat mencari damai
Mengasah pribadi mengukir cinta

Mahameru berikan damainya
Didalam beku Arcapada
Mahameru sebuah legenda tersisa
Puncak abadi para dewa

Masihkah terbersit asa
Anak cucuku mencumbui pasirnya
Disana nyalimu teruji
Oleh ganas cengkraman hutan rimba
Bersama sahabat mencari damai
Mengasah pribadi mengukir cinta

Mahameru berikan damainya
Didalam beku Arcapada
Mahameru sampaikan sejuk embun hati
Mahameru basahi jiwaku yang kering
Mahameru sadarkan angkuhnya manusia
Puncak abadi para dewa…

taken from Format Masa Depan by Dewa 19.

10 responses

10 04 2009
jaller

wah kalo ini coba tebak, sedang berada di mana aku? hahahaha

blog mu bagus mas, keren, maju terus, mundur dikit juga boleh, hehehe

aku hotspotan ki, dewean, ambil listrik dari tempat hik.

9 06 2009
nanangs24

Trimakasih komentarnya. Ya kalo gitu sering-sering aja ngenet bareng.

6 05 2009
Sakinah

Wah pingin ikut naik gunung dong!!!!!!

15 07 2009
jaller
24 09 2009
ninik7981

kalau kau mencintai alam kau tak akan melukainya……………

15 10 2009
Muryono

oJo munggah gunung teruZ maZ
geK nDang miKir “ngunggahi” liyane
hehe
Just Kidding man !

18 10 2009
nanangs24

He he he ……
“Ngunggahi” nopo mas………..?………

20 05 2010
Sekar Laras

sekali kita kenal,selamanya kita kawan
(www.merbabu.com)

15 11 2010
apin

aku salut karo sampean mas, jadi pecinta ciptaan Allah. aku jg pengen banget koyo sampean, tapi aku disek pernah munggah gunung merapi sing nang bukit tinggi, tapi aku kademen mas, jadi saiki yo miker-2 nek arep munggah gunung meneh… jaluk sarane kanggo aku mas…. tak tunggu nang emailku… yooo…. ojo suwi-2.

20 11 2010
nanangs24

Mengagumi ciptaan Allah itu baik tapi jangan sampai lupa mencintai Allah. Naik gunung memang asyikkkkkk…….ada pengalaman tersendiri….sangat perlu menjaga stamina jika naik gunung dan persiapan yang tepat sesuai kondisi medan, setidaknya kondisi tubuh fit…dan tentunya fit juga kondisi kantong kita..he he he…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: